fbpx

Tata Dapur Minimalis Menurut Para Desainer yang Dapat Kamu Tiru

Bagian hunian yang paling penting dan menjadi tulang punggung para penghuninya adalah dapur. Bagaimana tidak, sekecil apapun ruangan area tersebut masihlah berperan agar kita tetap bisa makan dengan biaya murah dibandingkan dengan beli di luar. Jadi tata dapur minimalis tak hanya sekedar penampilan melulu, juga masa pakainya yang penuh fungsi.

Menurut para desainer luar, ada enam layout dapur modular yang paling umum digunakan di hunian modern seperti sekarang, diantaranya bentuk L, lurus, bentuk U, paralel, Island, dan Peninsula.

Nah, kita akan mencoba membahas semuanya dengan poin-poinnya berupa tata dapur minimalis berdasarkan ukuran ruangan atau kebutuhan.

Pastikan kamu simak dengan seksama bahasannya berikut ini.

Tata Dapur Kecil

Tata Dapur Kecil

Dapur kecil biasanya tak lebih dari 2×2 meter, sehingga akan cukup sulit untuk melakukan penataannya jika ada banyak barang atau alat dapur tersemat di sana.

Untungnya, ada sebuah jenis layout yang disarankan untuk penggunaan dapur kecil yang satu ini, yakni menggunakan desain berbentuk L (L-Shapped) agar kita bisa memanfaatkan semua posisi dan ruangannya secara maksimal.

Jadi sisi L ini bisa kita isi dengan meja kompor, kabinet atas, ruang penyimpanan alat memasak, hingga kulkas kecil.

Berikan sekat antara ruang dapur dan ruang di sebelahnya dengan bufet setengah badan minimalis. Jika ingin menggunakan pintu, maka pastikan menggunakan pintu Jepang yang digeser.

Tata Dapur Cantik

Tata Dapur Cantik

Kata cantik itu sangatlah beragam dan cenderung lebih ke selera masing-masing pengguna. Akan tetapi ada satu bahasa universal yang digunakan, yakni kebersihan dan pewarnaan.

BACA JUGA :  4 Tips Membuat Kamar 2x2 Minimalis Nampak Lebih Besar

Kebersihan ini menjadi urutan pertama yang terkait erat dengan kecantikan, sementara pewarnaan pada dinding dan furnitur sebagai bagian dari tata dapur minimalis dapat meningkatkan kerapihan dan kebersihan secara total.

Fitur yang ketiga ada pada pencahayaan yang datang dari sinar mentari dan gantungan lampu di malam hari.

Jadi, pastikan kamu berfokus pada tiga unsur tersebut. Misalnya, kita bisa menambahkan warna pink muda pada dinding dan keramik, warna coklat kayu alami pada furnitur, dan cahaya kuning pada lampu.

Selalu simpan barang-barang pada tempatnya dan bersihkan secara konsisten. Tambahkan pula mini bar minimalis sebagai fitur tambahan untuk mempercantik interior dapur kamu.

Tata Dapur Tanpa Kitchen Set

Tata Dapur Tanpa Kitchen Set

Buat kamu yang belum tahu, kitchen set itu merupakan sebuah kabinet atau ruang penyimpanan yang tersemat di bagian lantai dan dinding atas.

Nah, tata dapur minimalis tanpa kitchen set ini sangatlah cocok kamu gunakan pada sempit dapur dengan rumah ukuran 6×6 1 lantai atau bahkan kurang.

Keuntungannya memang terletak pada ekstra ruangan yang tersedia. Namun masalah muncul ketika kita asal dalam menyimpan alat memasak sehingga jatuhnya malah seperti baru saja terkena goncangan gempa bumi.

Jadi kunci utamanya agar tetap rapi dan cantik adalah pada penempatan peralatan dapur itu sendiri. Carilah rak dinding apung untuk menggantung dan menempatkan beberapa alat memasak tersebut.

Hindari pula pembelian peralatan terlalu banyak. Sebisa mungkin kita harus tetap menyesuaikan penggunaan dan luas ruangan itu sendiri.

Tata Letak Dapur Menurut Fengshui

Tata Letak Dapur Menurut Fengshui

Sekarang kita gunakan sedikit ilmu dari negeri tirai bambu, yaitu Fengshui. Menurut para ahlinya, tata letak dapur kita tak boleh disematkan di tengah ruangan karena melambangkan api yang menyerang jantung rumah.

BACA JUGA :  Mandi Santai Dengan Bentuk Kamar Mandi Minimalis Modern

Sebaliknya, sematkan dapur di bagian belakang rumah tepat di sudut selatan atau barat daya. Pilihan lainnya ada pada bagian utara atau timur laut.

Segera ganti pula peralatan memasak yang sudah rusak, karena alat tersebut menjadi simbol dari chi kita sendiri. Jika rusak, maka aktivitas memasak pun menjadi tak maksimal karena aliran chi kita terganggu secara mental.

Sisanya bisa disamakan dengan tata letak di atas, yaitu jangan kotor, selalu rapikan barang-barang setelahnya, dan berikan warna dan cahaya terang.

Tinggalkan komentar

/* */