fbpx

9 Tips Untuk Sempit Dapur Minimalis Sederhana Agar Tetap Cantik

Apartemen studio, rumah tipe 36, dan hunian mini lainnya pasti hanya menyisakan sedikit sekat-sekat ruangan. Tak ayal area sempit dapur minimalis sederhana menjadi salah satu bagian terpenting untuk kita miliki di dalam rumah tersebut.

Tapi bukan minimalisme namanya jika tak bisa membuatnya nampak begitu besar. Selama kita mampu berpikir kreatif tentang bagaimana memanfaatkan denah dapur mungil sebaik-baiknya, maka tak jadi halangan untuk tetap beraktivitas selama mungkin di sana.

Jika kamu masih merasa kesulitan untuk mendapatkan tata letak yang tepat, mungkin ide-ide berikut dapat membantu!

Bahkan tak hanya nilai guna yang diberikannya saja, ide berikut dapat membuat kamu memasak dengan aman selama di berada dapur.

Pilih Meja Kompor Kecil

desain dapur sempit sederhana minimalis

Jangan terlalu berlebihan dalam menyematkan meja kompor pada sempit dapur minimalis sederhana kita.

Selama masih dapat memuat tabung gas di dalam laci dan kompor di atasnya, maka sudah cukup untuk dilakukan.

Pastikan pula menyematkan tempat mencuci di meja yang sama terlebih jika panjang dapur kamu cukup mumpuni.

Penggunaan laci pada meja tersebut pun boleh dilakukan. Namun jika barang kamu terlalu banyak, maka bisa menggunakan meja portable dengan fitur roda di bawahnya, persis seperti dapur-dapur di restoran.

Dengan kemampuannya dalam berpindah-pindah tempat, maka akan memberikan ruangan yang jauh lebih fleksibel setiap kali ingin dipindahkan.

Hilangkan Kabinet Atas

dapur sempit memanjang minimalis

Boleh menggunakan kabinet atas jika masih muat. Namun seringkali kita memaksakan diri untuk menempelkannya di atas kompor sekalipun luas ruangan sudah menjerit karena sumpek.

Namun khusus untuk sempit dapur minimalis sederhana, maka cenderung sulit untuk dilakukan karena menghabiskan lebih banyak ruang.

Sebaliknya, gantilah dengan rak minimalis portable yang dapat dengan mudah dibongkar pasang.

Rak ini bisa kita pindahkan jika sewaktu-waktu ingin diganti susunan layout dari dapur itu sendiri.

Apalagi di minggu-minggu pertama kamu tinggal di hunian tersebut, maka haram hukumnya jika menggunakan furnitur permanen karena nantinya akan sulit untuk beradaptasi dan menyesuaikan ruang gerak serta kebiasaan kita saat beraktivitas di dapur.

Rapikan Barang Dalam Lemari

desain dapur sempit minimalis

Lemari perabotan dapur masih sangat dibutuhkan untuk terselip di sempit kamar minimalis sederhana milik kamu tersebut.

BACA JUGA :  4 Tips dan Rekomendasi Kamar Minimalis Dari Para Ahli Desain

Namun sama halnya seperti meja kompor di atas, ukurannya harus sekecil mungkin. Jika bisa gunakan bufet dengan ukuran setengah badan dan lebar yang hanya menampung alat berukuran sedang saja.

Jangan lupa juga untuk terus menjaga susunan dan kerapihan dari perabotan dapur yang kamu jejerkan.

Soalnya, semakin rapi barang-barang yang kita simpan di sana, maka akan semakin memberikan ekstra ruang bahkan tanpa kita dasari.

Intinya, tetap terorganisir merupakan hal yang begitu vital dalam menjalani kehidupan di rumah mungil nan indah.

Manfaat Warna Perabotan Dapur

model dapur sempit minimalis

Percaya atau tidak, warna-warna pada perabotan ternyata dapat mempengaruhi psikologis kita secara nyata.

Bagaimana tidak, ada beberapa warna yang dapat membuat ruang dapur kita semakin sempit, seperti misalnya warna-warna gelap.

Sementara warna-warna netral dan dasar dapat kita gunakan untuk meningkatkan ilusi bahwa dapur kita nampak begitu asyik untuk digunakan.

Kuncinya adalah semakin terang dapur kita, maka akan semakin membuatnya nampak semakin luas. Tak hanya meningkatkan tampilan pada ruangan itu sendiri, juga akan meningkatkan mood kita dari waktu ke waktu.

Mood yang baik membuat kita merasa lebih rajin dalam bebersih dan merapikan barang, sementara barang rapi akan membuat sempit dapur minimalis sederhana menjadi nampak lebih besar.

Alhasil, lingkaran emas terjadi di sini. Sebaliknya, jika kamu terjebak pada lingkaran setan maka harus segera diputus. Salah satu cara termudah untuk dilakukan adalah dengan mengubah warna pada perabotan kita.

Dinding Putih dan Furnitur Kayu

gambar dapur sempit minimalis

Dinding putih dapat memantulkan sinar lampu dan matahari secara terang. Sementara furnitur kayu dapat menerima paparan cahaya tersebut dengan begitu baik sehingga memunculkan estetika yang begitu menawan.

Secara detailnya, warna cat putih tersebut akan membantu menyebarkan cahaya ke berbagai macam arah, dengan demikian sempit dapur minimalis sederhana pun akan nampak semakin lebih besar.

Tambahkan satu set piring berwarna putih agar nampak kontras dengan furnitur kayu yang tersemat di sana.

Simpan Barang Secara Vertikal

contoh dapur sempit minimalis

Barang-barang tipis yang tak terlalu berat bisa kita tempatkan secara vertikal dengan cara menggantungnya secara rapi.

Ini termasuk penggorengan, spatula, teflon, pisau, dan lain sebagainya. Sementara panci yang gembung harus kamu tempatkan di kabinet karena kurang enak saat dilihat.

Lagipula alat-alat dapur semacam ini selalu disertai dengan desain bolong di bagian gagangnya. Tentu saja, gunanya agar kita mudah menggantungnya dimanapun kita inginkan.

BACA JUGA :  4 Tips Membuat Kamar Kucing Minimalis Menjadi Lebih Interaktif

Namun hati-hati terhadap benda tajam seperti gunting dan pisau. Jangan sampai gantungan di tempatkan di atas kaki, karena jika salah satunya terjatuh bisa-bisa menusuk organ tubuh kita dan menyebabkan cedera.

Bersihkan Bagian Jendela Setiap Saat

menata dapur sempit minimalis

Dikarenakan kita beraktivitas di dalam sempit dapur minimalis sederhana, maka secara otomatis ruang terbang daripada debu-debu pun akan semakin kecil.

Ini terjadi ketika kamu malas membersihkan beberapa area yang jarang tersentuh, seperti misalnya kusen jendela dan ventilasi.

Debu biasanya berisi tungau yang dapat menyebabkan penyakit kulit. Belum lagi ada beberapa kutu yang dapat menyebabkan tipes atau bahkan pneumonia saat masuk ke dalam tubuh kita.

Semakin kecil ruang memasak, maka resiko terkena penyakit pun akan semakin tinggi.

Sayangnya, hanya sedikit masyarakat kita yang sadar akan hal tersebut. Jadi, mulailah dengan bebersih setiap pagi sebelum kamu memasak di dapur.

Pencahayaan Juga Penting

ruang dapur sempit minimalis

Pada siang hari kita memang mendapatkan pencahayaan secara alami dari luar yang masuk ke dalam jendela.

Namun bagaimana dengan di malam hari? Apakah mampu memberikan cahaya yang pas dan enak saat ditinggali?

Jika tidak, mulailah dengan lampu atap dengan pencahayaan maksimal. Pastikan cahaya tersebut lebih kuat daripada api kompor agar tidak mengakibatkan kerusakan pada mata kita.

Selain itu rumus di atas pun sangat berlaku, dimana nuansa terang akan membuat sempit dapur minimalis sederhana nampak jauh lebih besar daripada biasanya.

Jika tak dilakukan, maka bisa-bisa dapur kita akan nampak menyusut saat sore dan malam hari akibat pencahayaannya yang kurang memadai.

Beli Furnitur Berkualitas

dapur sempit tapi cantik

Alasannya cukup sederhana, agar kita tak terlalu sering mengganti furnitur yang sudah tersemat di sempit dapur minimalis sederhana kita.

Jika kamu mengabaikan bagian ini, maka akan merepotkan diri sendiri karena harus mengangkut furnitur yang rusak untuk digantikan dengan yang baru.

Masalah terletak bukan pada berat perabotan itu sendiri, melainkan ruangannya yang kecil sehingga membuat furnitur baru pun rentan terkena benturan.

Jadi, mending pilih furnitur yang kuat dari awal. Mahal sedikit tak apa, yang penting jatuhnya menjadi jauh lebih murah karena akan digunakan dalam jangka panjang.

Salah satu furnitur berkualitas tinggi dengan budget standar adalah berjenis kayu jati, dan akan sangat cocok tersemat di dalam dapur yang memiliki suhu ekstrim akibat masakan.

Tinggalkan komentar