fbpx

4 Trik Agar Sekat Besi Minimalis Nampak Sempurna di Ruangan

Layar pembatas ruangan seringnya terbuat dari dinding beton. Namun khusus buat kamu yang tak ingin dibuat permanen, maka bisa menggunakan sekat besi minimalis yang gampang dipasang dan dicopot sesuka hati.

Demi mendapatkan partisi yang jauh lebih menarik, mungkin kita membutuhkan sedikit yang bergaya, menambahkan hiasan, dan pembatas yang tak mudah terkena kerusakan sekalipun terkena goncangan atau hantaman.

Maka dari itulah, partisi yang terbuat dari metal seperti besi seringkali dijadikan sebagai favorit oleh kalangan pecinta rumah dan ruang minimalis.

Sekat besi minimalis ini lebih sering ditempatkan di ruang kantor dan rumah sewaan. Karena sejatinya kita tak mungkin membuat dinding pemisah baru jika tak memiliki properti tersebut.

Cara Memasang

sekat ruangan besi minimalis

Sebenarnya tak ada trik atau tekhnik khusus untuk memasang partisi minimalis dari besi tersebut, karena memang sudah ramah pengguna.

Misalnya, kita bisa membuka pembagi yang sudah tersedia di alat tersebut, kemudian miringkan panel yang mirip seperti alat musik akordeon demi menciptakan stabilitas yang lebih baik, lalu letakkan di lokasi yang kamu inginkan.

Ada pula jenis yang dipasang di langit-langit, namun untuk tipe sekat ini jarang sekali terbuat dari besi mengingat bobotnya yang lumayan berat.

Sementara untuk yang terbuat dari besi sebagian besar bisa kita langsung terapkan di bawah lantai dengan berbagai macam jenis, tekstur, dan bentuk. Jadi pastikan dulu lantai rumah kamu terlihat rata.

Apakah Kedap Suara?

sekat besi ruang tamu

Sekalipun sekat besi minimalis ini memberikan ruangan dan struktur pemisah yang begitu dekoratif, namun perlu dicatat bahwa partisi ini cenderung tidak kedap suara.

BACA JUGA :  4 Macam Ukuran Etalase TV Minimalis Siap Bergaya di Toko Elektronik Kamu

Terutama jika kamu memilih tekstur yang memiliki lubang di beberapa area, maka suara dari luar atau dari balik sekat masih akan jelas terdengar.

Untuk alasan ini pulalah, sekat besi seringkali digunakan di perkantoran atau ketika kita tinggal sendiri di rumah karena tak memerlukan privasi tingkat tinggi sama sekali.

Namun khusus partisi besi yang tak memiliki tekstur berlubang, maka hanya bisa mengurangi atau melembutkan suara yang datang dari luar, atau dari dalam ke luar ruangan.

Cara Mencegahnya Agar Tak Jatuh

sekat ruangan besi

Ada sebuah resiko tersendiri jika kita menggunakan sekat besi minimalis di ruangan tertentu. Misalnya, lokasi yang sering dilalui oleh banyak orang dan lantai yang tak rata dapat membuatnya mudah terjatuh dan menimpa orang yang ada di sekitarnya.

Untungnya, kita masih bisa mengencangkan salah satu tepi layar pembatas ruangan logam ke dinding menggunakan sistem braket dan sekrup drywall. Kedua alat ini bisa didapatkan dengan mudah dan dibeli dengan harga murah di toko bangunan terdekat.

Jika tak ingin merusak dinding untuk menahan pembatas tersebut, maka carilah lokasi lantai yang rata serta alas sekat yang cukup lebar.

Desain yang Disarankan

rak sekat besi

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan terlebih dahulu.

Misalnya, jika ingin melembutkan suara dari luar maka harus mencari sekat besi minimalis yang polosan.

Sementara jika ingin meningkatkan nilai gaya dan artistiknya, maka bisa mencari jenis yang bertekstur dengan lubang-lubang kecil pada permukaannya.

Ada pula desain yang dapat meningkatkan nilai guna, yang mana partisi ini menyediakan dudukan bagi barang-barang dan aksesoris yang kita miliki.

Tentunya lebar dari partisi ini lebih besar daripada sekat biasa. Namun jenis yang bisa dilipat pun masih bisa kita temukan dengan mudah di pasaran agar lebih gampang dibawa dan dipindahkan.

BACA JUGA :  Kenalan Dengan Shoji! Pintu Jepang Minimalis yang Digeser Anti Ribet

Tinggalkan komentar

/* */