fbpx

Dapatkan Cuan Jutaan dari TikTok Bisnis!

Apa itu TikTok Bisnis dan apa manfaat bagi para pemiliknya?

Sederhananya, TikTok Bisnis atau TikTok For Business merupakan tools yang sangat lengkap untuk membantu kita dalam berbisnis di media sosial, dalam hal ini berarti di medsos TikTok.

Alhasil, kita tak perlu lagi merancang strategi, menarget pasar secara manual, atau menghitung anggaran pada saat proses marketing dan ngiklan dilakukan.

Karena platform TikTok Bisnis inilah yang sebagian besar membantu kita menyekalakan segala macam aktivitas marketing, entah untuk branding atau menjual produk.

tiktok bisnis

Bayangkan saja, tools dari TikTok Bisnis ini cukup lengkap dimulai dari membantu kita membuat iklan, menetapkan anggaran, menjangkau audiens yang tertarget (konsumen potensial), hingga memberikan analisa data untuk kita olah di masa mendatang.

Tentu saja, kita tak diwajibkan untuk membuat TikTok Bisnis jika sekedar ingin joget-joget depan kamera, membeli barang, atau melihat pujaan hati kita beraksi di depan kamera.

Namun lain lagi jika kamu ingin mencari pundi-pundi uang di medsos, maka membuat akun TikTok Bisnis bisa menjadi langkah awal yang begitu teramat sangat penting untuk dilakukan.

Perbedaan Akun Tiktok Bisnis dan Kreator

perbedaan akun tiktok bisnis dan kreator

Seperti yang sudah disebutkan di atas, TikTok menyediakan 2 jenis akun yang berbeda dengan masing-masing tujuan, yakni TikTok khusus bagi Kreator dan Bisnis.

TikTok Kreator merupakan nama dari akun biasa – Mungkin saat ini pun kamu sudah memilikinya.

Kreator ini dirancang khusus untuk mengupload video, mengedit, melihat data pengunjung, dan mengumpulkan follower.

Tentu saja, semakin banyak follower, maka pundi-pundi uang yang mungkin kita dapatkan pun akan semakin besar yang datang dari para sponsor.

mulai tiktok bisnis

Sementara akun TikTok Bisnis didesain agar memudahkan kita untuk memasarkan produk yang kita miliki, termasuk aktivitas ngiklan dan membuat toko online.

Jika kita sederhanakan, maka:

  • TikTok Kreator digunakan buat kamu yang ingin membuat konten.
  • TikTok Bisnis digunakan buat kamu yang ingin ngiklan, meningkatkan citra merk (brand awareness), dan menjual produk yang kita miliki.

Melihat fitur yang disediakannya tersebut, tentunya TikTok Bisnis berhasil menarik banyak sekali peminat dari kalangan wirausahawan dan digital marketer.

BACA JUGA :  9 Tempat Terbaik Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi

Jika kamu salah satunya tetapi tak tahu cara membuatnya, silahkan simak langkah berikut ini ya!

Cara Membuat Akun TikTok Bisnis

Perlu kamu ketahui sebelumnya, ternyata kita dapat mengganti akun TikTok biasa (kreator) ke dalam akun Bisnis.

Tapi tetap berhati-hati dalam melakukannya!

Semisal dari awal akun TikTok kamu memang dirancang untuk menjadi kreator, maka alangkah baiknya untuk membuat akun baru agar tidak pusing saat me-manage­-nya nanti.

Lagipula, cara membuatnya terbilang cukup mudah, yakni dengan 3 langkah sederhana berikut ini:

Langkah #1 – Download TikTok dan Daftar

download tiktok

Jika kamu belum punya aplikasinya, silahkan unduh dulu TikTok dengan menggunakan ponsel masing-masing melalui Google Play Store bagi pengguna Smartphone Android, dan App Store bagi pengguna iPhone.

Setelah kamu berhasil menginstall aplikasi TikTok tersebut, silahkan cari ikon Profile di menu bagian bawah lalu klik kata “sign up” untuk daftar.

Langkah #2 – Buat Akun TikTok Bisnis Secara Gratis

daftar tiktok bisnis

Setelah berhasil daftar dan membuat akun biasa, silahkan masuk halaman profil dan ketuk tanda “…” di bagian kanan atas.

Lalu pergi ke “Setting & Privacy”, masuk ke “Manage Account”, kemudian pilih “Switch to Business Account”.

Jangan lupa juga untuk memilih kategori yang paling pas dengan bisnis yang tengah kamu jalankan agar audiensnya tertarget.

Langkah #3 – Mulai Berbisnis

Setelah akun TikTok Bisnis kamu telah berhasil dibuat, kamu bisa langsung menggunakan sejumlah fitur yang telah disediakan!

Fitur-fitur ini nantinya bisa kamu utilisasi berdasarkan tingkat kebutuhan masing-masing.

Untuk lebih jelasnya, kita intip semua tools yang disediakan oleh pihak TikTok itu sendiri yuk!

Fitur dan Penggunaan TikTok Bisnis

fitur tiktok bisnis

Singkatnya, fitur yang terdapat dalam akun TikTok Bisnis ini telah didesain dengan sedemikian rupa agar kita dapat melakukan aktivitas berbisnis secara lebih efektif dan efisien.

Misalnya, beberapa tools dari akun bisnis ini telah terbukti mampu membantu para digital dan internet marketing mencapai hal-hal seperti berikut:

  • Menumbuhkan brand awareness atau Kesadaran Merk.
  • Mendidik target audiens terhadap produk yang kita miliki.
  • Meningkatkan klik atau visitor ke dalam situs web kita.
  • Meningkatkan prospek penjualan dan mendatangkan calon konsumen potensial.
  • Menargetkan klien dan pelanggan di masa mendatang.
  • Meningkatkan konversi penjualan atau aksi tertentu.
  • Meningkatkan jangkauan audiens dan distribusi.
  • Mendapatkan dukungan dari para ahli marketing TikTok secara langsung.
BACA JUGA :  Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik 2022

Nah, dari sekian banyak fitur serta manfaat yang dimilikinya tersebut, ternyata ada 4 varian yang paling banyak digunakan oleh para pengguna akun TikTok Bisnis, diantaranya adalah sebagai berikut:

TikTok Ads

tiktok ads

Dengan menggunakan TikTok Bisnis, maka kita bisa membuat iklan video yang disebut sebagai TikTok Ads.

Biasanya, iklan tersebut memiliki durasi antara 5 hingga 60 detik yang lebih daripada cukup untuk menciptakan brand awareness atau Citra Merk perusahaan dan produk yang tengah kita pasarkan.

Iklan yang tampil di TikTok didesain demi meningkatkan eksposur merk kita secara efektif dan efisien.

Tak heran jika video iklan tersebut pun akan menutupi layar segera setelah para penggunanya masuk ke dalam aplikasi atau memainkan video.

Khusus untuk video, iklan tersebut akan menempati pos in-feed setelah video konten asli berjalan selama 3 detik.

TikTok Shop

tiktok shop

TikTok Shop menjadi platform e-commerce sosial yang sudah diburu cukup lama demi menarik banyak audiens tertarget dan meningkatkan konversi.

Tapi ada sedikit langkah tambahan yang harus kita lakukan untuk mempersiapkan TikTok Shop tersebut, yakni:

  • Menjelaskan bisnis atau produk kita di kolom bio.
  • Mengoptimalkan katalog produk
  • Menggunakan video untuk proses pemasaran.
  • Menggunakan tagar bermerk sponsor.
  • Menambahkan CTA (call to action).
  • Mempromosikan produk kita.
  • Bermitra dengan para influencer (pemilik akun TikTok Kreator yang telah memiliki banyak sekali follower).

TikTok sebisa mungkin akan membawa konsumen tertarget sehingga tingkat konversi kita pun akan semakin tinggi.

TikTok Ads Manager

tiktok ads manager

TikTok Ads Manager merupakan fitur yang menyediakan alat untuk membuat dan mengelola iklan di TikTok.

Tools ini jugalah yang nantinya menawarkan akses ke audiens secara global (atau yang kita targetkan), sehingga modal kita untuk ngiklan bisa diskalakan dengan jauh lebih baik lagi.

Nantinya, iklan kita akan tampil dengan video layar penuh lengkap bersama audio yang kita buat.

Semua ini dimaksudkan agar menarik perhatian para pengguna dan meningkatkan kesadaran merk atas perusahaan dan produk yang tengah kita jual.

TikTok Seller

tiktok seller

Sementara itu, TikTok Seller memungkinkan pengguna atau komunitasnya yang berfokus pada penjual mampu menjalankan semua fitur dan aspek pemasaran melalui perangkat seluler mereka dengan begitu mudah.

Alhasil, kita sebagai penjual dapat dengan mudah untuk mendaftarkan produk baru, mengelola inventaris, me-manage pesanan, hingga menganalisis bisnis online karena data yang disediakan oleh TikTok itu sendiri sangatlah lengkap dan bersifat transparan.

Tinggalkan komentar

/* */