fbpx

4 Tekhnik Sketsa Kamar Tidur Minimalis Agar Nampak Profesional

Dalam membangun sebuah hunian, kita membutuhkan sebuah blueprint untuk mampu menunjukkan isi pikiran kita pada pihak lain dalam bentuk gambar. Sebuah sketsa kamar tidur minimalis yang dibuat dengan sedemikian rupa bisa menjadi komunikasi terbaik antara arsitek dengan klien.

Sketsa tersebut dibuat dengan berbagai macam cara dan rupa. Ada yang berbentuk komik, gambaran sederhana, hingga detail yang begitu rumit.

Namun isi utama bukanlah pada gambaran itu sendiri, melainkan tampilan kamar tidur yang bisa kita pilih sebelum dibuat agar menentukan apakah cocok untuk kita tempati dan bangun atau tidak.

Sketsa kamar tidur minimalis akan membantu mencapai sesuatu yang kita inginkan sekaligus mengurangi tingkat kegagalan dalam proses desain berlangsung.

Untuk itulah, ada beberapa tekhnik yang seringkali digunakan untuk membuat sketsa bagi hunian sebelum dibangun atau ditata.

Hatching dan Cross Hatching

Hatching dan Cross Hatching

Metode ini merupakan cara yang paling dasar namun efektif dalam menambahkan kedalaman pada sketsa melalui bayangan.

Bahkan ketika kita berbicara mengenai gaya menggambar dengan pensil jenis apapun, maka penetasan atau hatching ini berada di urutan teratas sebagai keterampilan yang harus pertama kali dipelajari.

Penetasan ini sebenarnya serangkaian garis yang digampar di sepanjang garis utama demi menciptakan bayangan dan kedalaman pada tata letak kamar tidur minimalis.

Semakin dekat garis-garis tersebut, maka akan semakin gelap bayangan sketsa gambar yang kita buat.

Titik-Titik

sketsa stipping kamar tidur

Titik-titik atau stippling juga termasuk ke dalam sebuah seni yang mampu menambahkan keindahan dan kedalaman dari seni sketsa kamar tidur minimalis berupa bayangan yang mirip seperti hatching di atas.

BACA JUGA :  ✔50+ Inspirasi Desain Dapur Bikin Kita Makin Jago Masak

Semakin dekat titik-titik yang kamu gambar, maka akan semakin dalam efek yang dihasilkannya.

Ada banyak istilah lain yang digunakan, termasuk dotting, dashing, dan tracing. Namun seringkali orang sulit membedakan antara tipping dengan hatching.

Sekalipun memiliki kegunaan yang sama, yakni membuat sketsa ruang kamar kita nampak berbayang dan memiliki pola 3D, akan tetapi secara praktek dan pembuatannya sama sekali berbeda.

Tidak ada yang terbaik, karena keduanya harus diaplikasikan pada situasi dan garis yang berbeda.

Shading dan Pencampuran Halus

Shading dan Pencampuran Halus

Demi menambahkan elemen bayangan yang lebih bersih ke gambar sketsa kamar tidur minimalis kita, maka harus menggunakan shading dan pencampuran halus.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan loh, misalnya dengan menggunakan jari jemari kita atau membuat selembar kertas yang digulung untuk menghasilkan aroma hatching dan cross hatching seperti di atas. Intinya, shading dibuat agar sketsa gambar kita menjadi jauh lebih halus.

Kita pun dapat menggunakan tekhnik lain dengan cara memiringkan pensil demi memanfaatkan tepiannya yang lebar, sehingga menciptakan garis lebih tebal untuk bayangan yang ingin kita hasilkan di sana.

Highlight

Highlight sketsa

Kamar minimalis erat kaitannya dengan pencahayaan, sehingga tekhnik ini harus kamu masukan saat menggambarnya.

Secara sederhananya, highlight atau sorotan digunakan untuk membantu menunjukkan darimana cahaya berasal demi menambahkan ekstra detail pada sketsa kamar tidur minimalis kita.

Salah satu cara terbaik dan bagus untuk menciptakan efek ini adalah dengan menggunakan penghapus demi menghilangkan beberapa pigmen atau bayangan.

Dengan begitu, kita dapat menciptakan area yang lebih terang sebagai efek dari cahaya yang datang.

Ingat, minimalis haruslah memainkan peran penting terhadap pencahayaan, sehingga kita pastinya akan menggunakan teknihk highlight ini di sana-sini.

BACA JUGA :  Gambar Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Terkomplit

Untuk dapat menyempurnakan hasilnya, biasanya highlight akan digabung dengan tekhnik rendering yang mampu meningkatkan efek penyorotan lebih jauh lagi.

Tinggalkan komentar

/* */