fbpx

5 Manfaat Rumah Kaca Mungil Minimalis Bagi Tubuh dan Lingkungan

Kita sudah sering melihat adanya hunian yang terbuat dari beton dan kayu. Lantas bagaimana jika misalnya kita ditawari untuk tinggal di sebuah rumah kaca mungil minimalis yang indah? Maukah kamu mencobanya?

Berbeda dengan anggapan banyak orang, rumah kaca ini ternyata tak terbuat 100% dari bahan yang itu-itu saja, melainkan adanya campuran antara kayu atau beton.

Hanya saja rasio antara kaca dan campuran bahannya mencapai hingga hampir 50:50 atau bahkan lebih daripada itu.

Kaca yang disematkan pun tentunya merupakan jenis yang berkualitas baik dan tak mudah pecah. Bahkan rumah kaca ini memiliki dinding beton yang sangat minimalis karena sebagian besar penstabilnya terbuat dari kaca.

Jadi tak perlu khawatir buat kamu yang ingin mencobanya! Terdapat pula beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan rumah kaca mungil minimalis sebagai bagian dari hunian kamu, yang mana daftarnya adalah sebagai berikut:

Mengurangi Biaya Energi

rumah kaca minimalis mungil

Perlu dicatat terlebih dahulu bahwa penggunaan rumah kaca cenderung jarang sekali dilakukan di tempat panas. Sekalipun ada, maka tidak memanfaatkan sebagai penghematan sumber energi, melainkan ditujukan untuk hal lain, salah satunya adalah hidroponik.

Akan tetapi jika saat ini kamu tinggal di daerah dingin seperti Puncak Bogor, pegunungan, perbukitan, atau bahkan di luar negeri seperti Rusia dan Greenland, maka rumah berbalut kaca akan menjadi salah satu hunian terbaik yang harus kamu miliki.

Soalnya, sinar matahari akan mampu menembus kaca tersebut dengan kehangatan alami yang luar biasa tanpa diganggu gugat oleh angin musiman yang dingin dan kering.

rumah kaca minimalis sederhana

Alhasil, penggunaan penghangat ruangan pun akan berkurang dan menghemat kantong kita secara nyata.

Sementara di malam hari, rumah kaca masih tetap mampu menghalau udara dingin dan jatuhnya menjadi multifungsi untuk kamu coba dan kejar.

Menanam berbagai macam tanaman dalam rumah pun akan jauh lebih lancar. Pasalnya, tumbuhan sangatlah membutuhkan sinar matahari agar mampu berfotosintesis dan tumbuh secara normal.

BACA JUGA :  Desain Ruang Praktek Bidan Minimalis

Mendapatkan Keindahan Estetika

rumah kaca minimalis lantai 2

Buat kamu yang belum tahu, jendela sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai ventilasi atau pencahayaan saja, akan tetapi juga berkontribusi terhadap daya tarik estetika bagi sebuah hunian dan ruangan.

Inilah sebabnya kenapa beberapa rumah memiliki jendela yang lebarnya segede gaban, atau lebih panjang dari bentuk aslinya.

Lain lagi dengan rumah kaca mungil minimalis yang sudah menyertakan keindahan estetika tersebut dari berbagai macam sisi. Bagaimana tidak, dindingnya saja sudah nampak sebagai karya seni yang tinggi kok!

Bahkan orang luaran sana yang menyukai hal-hal berbau arsitektur menilai bahwa rumah kaca merupakan gambaran dari karya seni murni.

Kaca akan memberikan kesan elegan pada sebuah ruangan sehingga banyak para arsitektur modernis merasa tertarik terhadap material tersebut demi membangun rumah kaca mungil minimalis yang memikat.

Awet dan Ramah Lingkungan

rumah kaca minimalis kecil

Meskipun tampilannya yang nampak rapuh, akan tetapi kaca sebenarnya merupakan bahan yang sangat awet saat ditempatkan pada bangunan – Tentu saja, tergantung dari jenis kaca itu sendiri.

Kita juga dapat menempanya ke dalam berbagai macam bentuk sebagai alternatif yang sangat multifungsi dan serbaguna, memberikan pemanis dan penambah nada pada hunian kita dari berbagai macam sisi dan sudut pandang berbeda.

Sifatnya yang tahan lama dan tahan goresan menjadikannya bahan bangunan yang penuh seni dan artistik serta ramah lingkungan.

Berbeda dengan plastik atau bahan arsitektur lainnya, rumah kaca mungil minimalis cenderung tidak akan menghasilkan asap beracun.

Sebagai bonusnya, kita dapat membersihkannya lebih mudah tanpa harus membeli produk-produk mahal yang seringkali bikin kita gigi jari.

Tidur Lebih Nyenyak dan Stres Berkurang

rumah kaca minimalis 2 lantai

Apa iya ada hubungannya? Tentu saja ada! selain menawarkan insulasi termal, bahan kaca juga sangatlah mumpuni dalam memblokir kebisingan dari luar, dan setara dengan gypsum dinding minimalis.

Dengan begitu menjadikannya hunian yang sangat ideal di daerah padat, atau kamu memiliki gangguan berupa kesulitan tidur akibat adanya suara-suara dari luar yang ngeganggu.

Misalnya lapisan kaca akustik dapat kita tempatkan untuk menawarkan kenyamanan yang jauh lebih tinggi dengan menghalangi kebisingan eksternal.

BACA JUGA :  Gambar Teras Baja Ringan Minimalis, Semua Bagiannya Multifungsi

Selain itu, dapat pula melihat ke luar dengan cara yang jauh lebih mudah untuk menikmati suara dan air hujan sekaligus pemandangan indah langit di malam hari.

Kedua elemen tersebut sudah diteliti dan mampu menawarkan terapi untuk mengurangi beban mental dan berkontribusi terhadap berkurangnya stres, insomnia, hingga depresi.

rumah kaca minimalis satu lantai

Selain itu, tubuh kita sebenarnya mengatur proses biologisnya secara otomatis dengan mengguankan ritme sirkadian.

Dikenal pula dengan sebutan ‘jam tubuh’, proses internal ini berfungsi sebagai respon terhadap cahaya.

Jadi ketika pagi hari tiba, maka ritme ini akan memberikan sinyal pada tubuh kita untuk segera terbangun tanpa menggunakan jam weker sekalipun.

Sebaliknya, saat langit sudah gelap, maka tubuh akan mengeluarkan sebuah hormon perasaan tenang untuk membantu kita tertidur dengan nyenyak.

Jadi jika ada orang yang menyangkal bahwa rumah kaca mungil minimalis itu tak ada hubungannya dengan kesehatan, maka suguhkan informasi dan penelitian yang sudah banyak dilakukan oleh para ahli medis dan dokter di luaran sana.

Atraktif dan Menarikrumah kaca minimalis 1 lantai

Sebuah hunian sudah menjadi salah satu kebanggaan bagi para pemiliknya. Jadi tak heran orang akan mulai berlomba-lomba untuk membuatnya nampak menarik, terutama saat dilirik oleh orang lain dari luar.

Beragam gaya akhirnya bermunculan, dimulai dari ukurannya yang super luas hingga tampilannya yang begitu ngejreng.

Uniknya, kita tak perlu melakukan ekstra tenaga jika menghuni sebuah rumah kaca mungil minimalis karena sudah nampak atraktif dan mampu menarik perhatian banyak orang.

Apalagi jika lingkungan kita memang sudah indah dan menyatu dengan alam, maka kesan estetisnya menjadi berkali-kali lipat terasa.

rumah kaca minimalis type 36

Dari luar, hunian ini akan cenderung jauh lebih berbeda dari keadaan sekitarnya. Maklum, orang kita masih jarang menggunakan bahan dasar kaca di setiap dindingnya.

Di saat yang bersamaan, melihat pemandangan dari dalam ke luar juga akan nampak fantastis. Satu-satunya yang harus kita lakukan adalah rajin membersihkannya dengan perawatan jendela yang ideal.

Dengan begitu, kaca akan selalu nampak bening dan awet lebih lama!

Tinggalkan komentar

/* */