fbpx

4 Model Tiang Kanopi Minimalis Beserta Kelebihannya

Bagian depan rumah tentunya memiliki peran yang begitu penting baik sebagai pintu masuk utama ataupun pemandangan bagi siapa saja yang meliriknya.

Namun seringkali area tersebut terkena sorotan matahari ataupun air hujan, sehingga menyebabkan beberapa panel seperti pintu ataupun jendela terserang secara langsung.

Kondisi ini tentunya bisa menyebabkan kedua bagian rumah tersebut cepat rusak akibat hantaman cuaca. Maka dari itulah, bisa diakali dengan menggunakan kanopi yang juga bergaya menarik dan serasi agar sisi pemandangannya tak hilang begitu saja.

Seringkali menjadi atap teras ataupun mobil yang terparkir di sana, memilih model tiang kanopi minimalis masihlah menjadi hal wajib untuk dilakukan. Bukan hanya sekedar dari tampilannya saja, akan tetapi dari sisi kekuatan agar kanopi tersebut dapat awet selama mungkin.

Tiang Kanopi Dari Baja Ringan

model tiang kanopi minimalis baja ringan

Jika berbicara mengenai harga murah akan tetapi produk yang begitu kokoh dan awet selama bertahun-tahun lamanya dengan penggunaan wajar, maka model tiang kanopi minimalis yang terbuat dari baja ringan bisa menjadi jawabannya.

Baja ringan sudah menjadi salah satu komoditas yang paling banyak digunakan di masa sekarang. Selain lebih mudah saat dipasang dan nampak serasi dengan gaya rumah modern minimalis, juga menawarkan beberapa kelebihan yang mungkin tak kita sadari sama sekali.

Misalnya seperti berikut ini:

  • Ringan dan Awet. Baja secara lahirnya sudah menjadi produk yang tahan lama dan berkualitas tinggi karena diproduksi dengan toleransi dan akurasi yang tinggi. Hampir tak ada kemungkinan kegagalan dalam pekerjaan konstruksi atau selama dikirimkan dan dipasangkan.
  • Kekuatan. Meskipun cenderung ringan, akan tetapi masih memiliki rasio kekuatan terhadap beban berat yang tinggi. Dengan begitu bisa menjadi model tiang minimalis pailng sempurna untuk menyangga kanopi dengan atapnya yang berat.
  • Stabilitas Dimensi. Asyiknya lagi, model tiang kanopi modern dari baja ringan bisa terhindar dari kebengkokan dibandingkan dengan komoditas lain. 100% tahan api dan cuaca, sehingga tak akan memuai dengan begitu mudah.
  • Pengerjaannya Cepat. Intinya, lebih mudah dipasangkan mengingat bobot dan ketahanannya yang lebih mumpuni.
  • Ramah Lingkungan. Jika misalnya suatu saat kamu ingin mengganti atau membongkar kanopi di depan rumah tersebut, maka bahan baku baja ringan masih bisa didaur ulang sehingga ramah lingkungan.
BACA JUGA :  Kanopi Balkon Atas Minimalis, Tips Membuatnya Indah Berkali Lipat!

Dengan begitu, pastikan kamu menjadikan baja ringan sebagai pilihan utama jika ingin mendapatkan sosok kanopi yang awet dan tahan lama, serta mencirikan rumah yang modern.

Tiang Kanopi Dari Beton

model tiang kanopi minimalis beton

Meskipun agak sedikit lebih mahal dan membutuhkan waktu lebih banyak dibandingkan dengan pemasangan menggunakan baja ringan, akan tetapi tiang kanopi yang berbahan dasar beton masih bisa kita temukan di hampir segala penjuru perumahan kota.

Masyarakat kita sendiri seringkali menilai bahwa segala sesuatu yagn terbuat dari beton cenderung awet, tahan benturan, tak mudah terbakar, dan tidak bertindak sebagai konduktor.

Bahannya sendiri cukup sederhana, yakni besi beton untuk bagian tulang dan pondasi, serta semen dan pasir sebagai bahan utamanya.

Namun pekerjaan tak berhenti sampai di sana, karena harus dirapikan dengan aci dan cat tembok.

model tiang kanopi minimalis beton

Tentunya model tiang kanopi minimalis dari beton juga dapat membawa keuntungan tersendiri, diantaranya:

  1. Memiliki kekuatan tekanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan bangunan lainnya.
  2. Tahan api dan cuaca, sehingga cocok dijadikan penyangga kanopi di luar ruangan.
  3. Lebih tahan lama
  4. Dapat dicetak secara ekonomis dengan bentuk tak terbatas. Sehingga ada pilihan untuk membuat desain kanopi yang begitu artistik.
  5. Biaya perawatan sangat rendah saat ada kerusakan atau kecacatan.
  6. Dapat dibuat dengan mudah oleh beberapa orang saja.

Selain dari tiangnya yang mudah kita bentuk sesuai keinginan, beton juga akan mampu menyangga kanopi dengan bahan atap yang begitu berat.

Tentunya setelah disesuaikan dengan ukuran dan pembangunan dari pondasi itu sendiri.

Tiang Kanopi Dari Kayu

model tiang kanopi minimalis kayu

Mungkin ini adalah salah satu tiang kanopi yang paling jarang digunakan oleh banyak orang, mengingat harganya yang lebih mahal daripada baja ringan ataupun beton.

Untuk mendapatkan kualitas kayu terbaik, maka harus menggunakan jenis yang tahan cuaca dan rayap, seperti misalnya yang berbahan dasar pohon jati.

Seperti yang kita tahu bahwa pohon atau kayu jati merupakan salah satu komoditas paling mahal diantara jenis kayu lainnya yang ada di Indonesia. Ini berkat kemampuannya yang begitu dapat diandalkan.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan diantaranya adalah:

  • Kayu Terawet. Selain memberikan aroma alam yang begitu menenangkan jiwa, kayu jati juga memiliki struktur kasar yang padat dan berat, sehingga memberikan kekuatan dan daya tahan yang besar saat menyangga bagian utama dari kanopi rumah kita.
  • Tahan Cuaca. Kayu jati tak akan pernah menyusut atau memuai dalam berbagai macam kondisi cuaca. Sekalipun misalnya kamu tinggal di luar negeri yang memiliki 4 musim berbeda, maka kayu jati masih mumpuni untuk digunakan.
  • Anti Rayap. Sekalipun sudah ditebang dari pohonnya, uniknya kayu jati masih mengeluarkan minyak yang menjadi pelindung alami dari serangan rayap. Kanopi rumah kita pun akan tetap berdiri kokoh selama mungkin.
  • Gampang Diukir. Kayu jati memang memiliki kekerasan yang tinggi, akan tetapi masih mudah untuk diukir, sehingga kanopi pun bisa kita bentuk sesuai keinginan dengan penuh gaya seni.
BACA JUGA :  4 Menara Masjid Minimalis Modern yang Megah Untuk Ditiru

model tiang kanopi minimalis kayu

Sebagian besar pengguna tiang kanopi yang terbuat dari kayu biasanya memiliki rumah yang juga terbuat dari bahan sejenis.

Sambil mendapatkan nuansa asri dan alami, tentunya kayu jati ini tak akan menghilangkan unsur minimalis yang dimilikinya. Malah justru menampilkan kesan sederhana dan elegan di saat yang bersamaan.

Tiang Kanopi Dari Batu Bata

model tiang kanopi minimalis batu bata

Batu bata juga bisa memancarkan sebuah keindahan berseni tinggi dan memiliki nuansa minimalis bagi bangunan utamanya.

Bahkan kita tak perlu melakukan pengacian ataupun pengecatan jika memilih batu bata yang sudah begitu artistik.

Beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan diantaranya:

  1. Ketangguhan. Batu bata juga sangat tahan cuaca dan usia, serta anti api dan tetap tegar dalam kondisi cuaca apapun.
  2. Perawatannya Mudah. Kita tak perlu mengecatnya. Tinggal mengoleskan minyak atau pernis sudah cukup untuk dilakukan demi menjaga estetika dan daya tahannya.
  3. Fleksibel. Hadir dalam berbagai macam gaya sehingga membuat model tiang kanopi minimalis kamu semakin elegan, disesuaikan dengan selera masing-masing.
  4. Menghemat Energi. Batu bata memiliki kepadatan yang tinggi, sehingga menyimpan kekuatan untuk secara efektif menyerap energi panas dari matahari atau dinginnya angin malam. Sehingga memberikan keuntungan bagi area sekitar.
  5. Sayang Lingkungan. Batu bata tak akan memancarkan senyawa organik yang mudah menguap, sehingga sangat bagus bagi area sekitaran dimana kanopi tersebut berdiri.

Jika bisa, pilihlah warna-warna netral agar menyatu dengan nuansa minimalis dari rumah kamu tersebut.

Warna aslinya berupa oranye juga dapat memberikan kesan elegan dan harmonis dengan alam, tanpa harus capek-capek mengecatnya terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar

/* */